RUMAH HANTU?

Hari ini adalah hari pertama saya di kota ini setelah dimutasi dari kantor pusat di Jakarta. Setelah berkeliling kota mencari rumah kontrakan yang pas dengan kantong, akhirnya saya memutuskan untuk tinggal di sebuah gang di pinggiran kota. Tempatnya sepi, hanya ada 3 rumah di gang tersebut, selebihnya hanya sawah dan kebun warga. Saya sangat suka dengan suasana rumah ini yang tenang, jauh dari keramaian, tapi konon rumah kontrakan ini sudah 2 tahun tidak pernah di tinggali, alasannya??

Malam pertama saya di rumah kontrakan yang baru. Betul betul sunyi sepi, yang kedengaran hanya bunyi serangga malam dan sayup sayup raungan kendaraan di jalan tol yang berjarak sekitar 1,5 km dari rumah kontrakanku. Di sela-sela bunyi serangga dan deru mobil tiba-tiba saya mendengar suara seorang perempuan, sayup-sayup bahkan hampir tidak terdengar.

Jam menunjukkan pukul 12 malam, suara kendaraan di jalan tol semakin berkurang, suara serangga semakin jelas dan suara perempuan itu juga semakin jelas. Padahal di gang ini cuma ada 3 rumah, rumah pemilik kontrakan di mulut gang, rumah kosong di tengah gang dan rumah kontrakanku diujung gang. Lantas dari mana suara perempuan itu? Rumah berpenghuni terdekat dari rumah kontrakanku berjarak kurang lebih 100 meter, sangat mustahil untuk mendengar suara perempuan dari jarak tersebut. Baiklah, karena kelelahan, saya tidak menggubris suara (yang menurut saya aneh) itu.

Keesokan harinya, karena harus lembur maka saya terpaksa pulang agak larut malam. Tiba dimulut gang jam ditangan saya sudah menunjuk angka 11.17, kondisi gang yang gelap membuat bulu kuduk begidik, dan hanya bermodal cahaya dari sebuah HP saya melintasi gang ini. Di depan rumah kosong di tengah gang tiba-tiba saya terhenyak!! Ada suara benda yang dibanting kelantai disusul suara cekikikan seorang perempuan, ya!! Dari dalam rumah kosong ini sumber suara tersebut..

Tanpa pikir panjang, saya berlari menuju rumah kontrakanku, enyahkan rasa penasaran itu karena rasa takut yang besar.

Tiba dikamar, saya masih syok! Ribuan pertanyaan tiba-tiba muncul di kepalaku, siapa? Setan? Hantu? Manusia? Tapi sedang apa dirumah kosong itu? Mungkin suara itulah yang kudengar semalam, SUARA SEORANG PEREMPUAN DIRUMAH KOSONG, TENGAH MALAM!!

***

Bersama 2 orang teman kantor, malam ini kami bertiga bermaksud untuk membuktikan rasa penasaranku, makhluk apa sebenarnya yang ada di dalam rumah kosong tersebut?

Seperti malam sebelumnya, ambil lembur dikantor sampai harus pulang agak tengah malam. Kami bertiga sudah sampai dimulut gang, dan tekad kami bulat untuk masuk kerumah kosong tersebut dan membuktikan makhluk apa yang di dalam??

Tepat didepan rumah kosong, kami bertiga terdiam dan saling menyemangati. Seperti malam kemarin, suara perempuan itu pun kembali terdengar, cekikikan seperti suara seorang kuntilanak, tapi benarkah kuntilanak??

Kami bertiga perlahan memasuki halaman rumah kosong ini, suara itu semakin jelas dan tiba-tiba hilang! Apakah karena makhluk itu sudah mengetahui kedatangan kami?? Entahlah! Pikirku.

Kini, kami sudah berada 1 langkah didepan pintu rumah kosong ini. Suara itu kembali terdengar, dan tiba-tiba hening lagi, itulah kejadian yang kami rasakan saat semakin dekat dengan sumber suara. Saya meraih gagang pintu, dan kebetulan pintu ini tidak terkunci, kami bertiga masuk ke ruang tamu rumah ini, Susana semakin mencekam kami rasakan dengan kondisi rumah yang lembab

Suara itu semakin jelas, berasal dari salah satu ruangan di rumah kosong ini. Bermodal senter kecil yang lumayan menerangi langkah kami, kami bertiga menuju ke ruangan sumber suara itu, sebuah kamar di bagian belakang rumah. Bulu kuduk semakin berdiri tegang, tidak lagi terdengar suara dari teman-temanku, kami semua terdiam menantikan kejadian apa yang akan terjadi berikutnya?

Di depan kamar sumber suara, suara perempuan itu tiba-tiba berubah aneh, menggurau, tertawa dan sesekali cekikikan. Kami bertiga melangkah masuk melewati pintu kamar dan…

***

Suara itu tiba-tiba hilang! Ya hilang! Cahaya senter menerangi seluruh ruangan 3 x 3m ini. Di kamar ini hanya ada sebuah lemari yang posisinya serong dan menutupi salah satu sudut ruang kamar ini. Kemana suara cekikikan perempuan tadi? Beberapa detik kemudian kembali terdengar suara perempuan, tapi suara ini agak beda dengan sebelumnya, suara lirih minta tolong…

Kami semakin penasaran, betulkah suara itu bersumber dari seorang manusia? Ataukah makhluk gaib?? Kami yakin bahwa sumber suara itu berada di balik lemari yang menutupi salah satu sudut kamar ini. Setelah mengumpulkan seluruh keberanian, kami pun melangkah menuju balik lemari.

Dan… dibalik lemari tersebut tampak sosok seorang perempuan dengan posisi duduk sambil satu tangan memeluk lutut dan tangan lain terborgol, apakah sosok perempuan ini manusia? Atau hantu yang berwujud manusia? Tapi mengapa tangannya terborgol?

***

Keesokan pagi, sang pemilik rumah kontrakan sudah berdiri di depan rumah kosong yang kami datangi semalam. Di temani beberapa warga, pemilik kontrakan menjelaskan kepada kami bahwa perempuan yang berada di rumah kosong tersebut adalah keluarga beliau yang sakit jiwa dan sengaja di “amankan” di rumah kosong tersebut agar tidak mengganggu warga lain.

Jumat, 9 Maret 2012 1.00-2.12 wib

This entry was posted in Fiksi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s